Friday 26 July 2019

Pangkat PNS

Seputar ASN - Pangkat PNS

Pegawai Negeri Sipil adalah mempunyai dasar untuk penggajian mereka. Apa itu? Jawabannya adalah pangkat. Pangkat PNS beradasarkan peraturan yang belaku (PP 99 Tahun 200 jo PP 12 Tahun 2002) merupakan dasar dari penggajian seorang PNS.

Apa itu Pangkat PNS?
Pankat sesuai dengan pasal 1 angka 1 Peraturan Pemerintah nomor 99 Tahun 2000 adalah:

 Pangkat adalah kedudukan yang menunjukkan tingkat seseorang Pegawai Negeris Sipil berdasarkan jabatannya dalam rangkaian susunan kepegawaian dan digunakan sebagai dasar penggajian.

Besarnya gaji akan sebanding dengan pangkat. Jika pangkat lebih tinggi dengan masa kerja golongan yang sama maka gaji akan lebih tinggi. Selengkapnya tentang besarnya gaji PNS bisa anda baca di Gaji Pokok PNS. Pangkat Pegawai Negeris Sipil biasanya penyebutannya tidak terpisah dari golongan dan ruangnnya. Misal seorang PNS berpangkat Pengatur II.C maka PNS tersebut mempunyai pangkat Pengatur yang berada pada golongan II dan ruannya C. Misal pangkat Penata III.A maka Penyebutan nomenklatur golongan dan ruang ini sepengetahuan penulis pertama kali ada di Peraturan Pemerintah nomor 7 tahun 1977 tentang Pengaturan Gaji Pegawai.

Macam-macam Pangkat PNS

Sesuai dengan PP 7 tahun 1977 dalama lampiran satunya disebutkan 17 tingkatan pangkat PNS mulai dari II.a hingga IV. e sebagai berikut:
Urutan Pangkat Golongan Ruang
1 Juru Muda I a
2 Juru Muda Tingkat I I b
3 J u r u I c
4 Juru Tingkat I I d
5 Pengatur Muda II a
6 Pengatur Muda Tingkat I II b
7 Pengatur II c
8 Pengatur Tingkat I II d
9 Penata Muda III a
10 Penata Muda Tingkat I III b
11 P e n a t a III c
12 Penata Tingkat I III d
13 Pembina IV a
14 Pembina Tingkat I IV b
15 Pembina Utama Muda IV c
16 Pembina Utama Madya IV d
17 Pembina Utama IV e

Penentuan pangkat seorang PNS pada saat pertama kali diterima rekrutmen CPNS adalah berdasarkan dari pendidikan. Semakin tinggi pendidikan maka CPNS tersebut akan mendapatkan pangkat awal lebih tinggi.

Pendidikan Pangkat/Gol Ruang
CPNS Lulusan Sekolah Dasar (SD) I.A
CPNS Lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat I.B
CPNS Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat II.A
CPNS Lulusan DI II.A
CPNS Lulusan DIII II.C
CPNS Lulusan Sarjana (S1) atau Diploma IV (DIV) III.A
CPNS Lulusan S2 III.B
CPNS Lulusan S3 III.C

Tiap tingkatan PNS akan ditempuh jika secara reguler adalah selama 4 tahun dan setelah itu jika memenuhi syarat akan naik kepangkat yang lebih tinggi. Dari II.C ke II.D akan membutuhkan waktu pengabdian selama 4 tahun. Tingkatan PNS berupa pangkat selain digunakan sebagai dasar penggajian juga dipakai dalam berbagai hal seperti promosi, diklat, senioritas, dan sebagainya. Pangkat PNS juga bisa dijadikan tolok ukur pengalaman kerja pegawai tersebut.

Baca Juga: Info Terbaru tentang ASN

0 komentar:

Post a Comment