Saturday 31 October 2015

Akun Belanja dan Pengeluaran (bagian 1)

Teman-teman, om kali ini akan merangkum beberapa pertanyaan terkait pelaksanaan anggaran di satuan kerja. Om ambil dari berbagai sumber, om sajikan sesuai dengan sumber aselinya dalam bentuk tanya jawab. Semoga bermanfaat

1. Biaya pembayaran pajak kendaraan bermotor dlm perpanjangan STNK dimasukkan dlm akun mana, apakah 521111 atau 521219 ?
Pembayaran pajak kendaraan bermotor kendaraan dinas dapat dibebankan pada akun 521111 mengingat kendaraan dinas merupakan bagian dari kegiatan operasional kantor atau juga pada pada akun 523121 mengingat pembayaran pajak kendaraan/perpanjangan STNK juga dapat dikelompokkan sebagai biaya pemeliharaan kendaraan.

2. Bagaimana perhitungan biaya perjadin untuk pegawai tidak tetap / tenaga kontrak, dipersamakan dengan PNS Gol.II atau sesuai tingkat pendidikan ybs ?
Biaya perjadin untuk pegawai tidak tetap/kontrak ditentukan oleh PPK sesuai kewajaran dengan mempertimbangkan tingkat pendidikan/kepatutan/tugas yang bersangkutan. Dalam hal tugas yang dilaksanakan sama seperti yang dilaksanakan PNS Gol II maka perhitungan biaya perjadin dapat dipertimbangkan untuk disetarakan dengan PNS Gol. II.”

3. Akun apakah yang dipergunakan untuk buku/pedoman/juknis yang akan diserahkan ke satker lingkup kementerian itu sendiri dan bila ada sisa dari buku/pedoman/juknis tersebut apakah dicatat sebagai persediaan? mohon penjelasannya?
Sesuai dengan Surat Direktur APK nomor S-6478/PB.6/2015 hal Penggunaan Akun Belanja Yang Menghasilkan Persediaan, pengadaan buku/pedoman/juknis tersebut menggunakan akun 521811 apabila perencanaan pengadaan secara secara kontinyu, tidak habis dalam sekali pakai, atau dalam rangka untuk cadangan/berjaga-jaga. Buku dari  pengadaan buku dimaksud, mutasi masuk dan mutasi keluarnya dicatat pada aplikasi Persediaan;

4. Biaya pengecatan gedung sebesar 53 juta apakah bisa masuk ke belanja pemeliharaan?
Berapapun yang kita keluarkan jika substansinya adalah mengembalikan ke  fungsi semula maka masuknya adalah pemeliharaan misal mengecat tembok,

5. Disatker saya terdapat gedung yang sudah direnovasi pada tahun ini dan telah selesai dan masuk ke belanja 53,apakah digedung tersebut dapat tukar keramiknya dan dimasukan ke belanja pemeliharaan?
Pemasangan keramik sepanjang hal tersebut menambah nilai dan umur manfaat maka dapat dikapitalisasi (ditambah) ke nilai aset dengan catatan melebihi nilai kapitalisasi dan dianggarkan dari anggaran 53.

6. Mohon informasinya terkait penggunaan akun belanja untuk kegiatan penelitian pada perguruan tinggi. Dalam penelitian tersebut terdapat belanja ( atk dan bahan habis pakai, perjalanan dinas, honor peneliti, konsumsi) apakah diperbolehkan disatukan dalam satu akun 521219.ataukah harus dipisahkan menurut akun masing-masing belanja yang ada. 
Penggunaan akun dalam belanja keperluan perkantoran menyesuaikan dengan jenis belanja yang akan dilaksanakan. Sehingga pencatatan akunnya adalah menurut akun masing-masing belanja. Misalkan untuk membiayai perjalanan dinas, maka harus menggunakan kelompok akun 524XXX; Untuk belanja yang menghasilkan persediaan, maka menggunakan kelompok akun 5218XX (sesuai sura Direktur APK Nomor S-6478/PB.6/2015) atau kelompok akun 5231XX untuk mencatat persediaan untuk barang pemeliharaan. Ketentuan lebih lanjut mengenai segmen akun pada bagan akun standar dapat mengacu pada Kep-311/PB/2014 tentang Segmen Akun pada Bagan Akun Standar

7. Akun apakah yang sesuai untuk pembuatan company profile yang dikontrakan pada pihak ketiga, mohon jawabannya.
Pembuatan company profile dapat dibebankan pada akun 522191.  Ketentuan lebih lanjut mengenai segmen akun dapat mengacu pada Kep-311/PB/2014 tentang Kodefikasi Segmen Akun pada BAS

0 komentar:

Post a Comment