Friday 25 September 2015

Bendahara Pengeluaran, Selamat Bergabung Kawan


Selamat bergabung rekan-rekan Bendahara Pengeluaran. Sungguh bahagia mendapatkan kepercayaan dari instansi untuk mengelola Uang Persediaan. 

Yuk kita cari tahu tentang Bendahara Pengeluaran:

1. Siapa sih Bendahara Pengeluaran itu?

Menurut PMK Nomor 190/PMK.05/2015 Tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara, Bendahara Pengeluaran adalah orang yang ditunjuk untuk menerima, menyimpan, membayarkan, menatausahakan, dan mempertanggungjawabkan uang untuk keperluan Belanja Negara dalam pelaksanaan APBN pada kantor/Satker Kementerian Negara/Lembaga.

2. Tugasnya Apa sih? Penting Ga?

Dari pengertian diatas sudah bisa kita ketahui bahwa Tugas Bendahara Pengeluaran adalah menerima, menyimpan, membayarkan, menatausahakan, dan mempertanggungjawabkan uang untuk keperluan Belanja Negara dalam pelaksanaan APBN pada kantor/Satker Kementerian Negara/Lembaga.

a. Tugas menerima mengandung pengertian bahwa Bendahara harus mengadministrasikan dengan baik aliran kas masuk yang diterimanya

b. Tugas menyimpan mengandung pengertian keamanan dan keselamatan dari kas yang diterimanya menjadi tanggung jawab bendahara

c. Tugas membayarkan merupakan tugas fungsional bendahara yaitu membantu pelaksanaan pembayaran belanja negara pada tingkat satuan kerja yang tidak dapat secara langsung dibayar oleh Kuasa Bendahara Umum Negara, untuk pelaksanaan ini bendahara mendapatkan Uang muka kerja yang selanjutnya dikenal dengan istilah Uang persediaan (UP) 

d. Tugas menatausahakan mengandung pengertian seluruh kegiatan Bendahara (fungsi kebendaharaan yang telah disebutkan diatas) harus diadministrasikan dengan menggunakan prosedur sesuai kaidah pengendalian interna

e. Tugas mempertanggungjawabkan mengandung pengertian bahwa bendahara baik sebagai pemberi tugas atau penerima tugas, dapat memastikan bahwa tugas yang diberikan terlaksana dengan baik dan mengkomunikasikan pelaksanaan tugasnya sebagai bentuk dari pertanggungjawabannya. Adapun sarana pertanggungjawaban yang digunakan adalah berupa Laporan pertanggungjawaban (LPJ).

Kalau kita melihat uraian diatas, sudah dapat kita ketahui bahwa tugas Bendahara Pengeluaran Itu penting sekali. Seluruh pengeluaran terkait operasional kantor berada dalam tanggung jawabnya. Otomatis Bendahara Pengeluaran setiap hari adalah orang yang paling dicari. Kepala Kantor sedang tugas dan tidak ada di tempat, kantor tetap bisa berjalan, namun jika Bendahara Pengeluaran tidak ada di tempat? Ya tetap bisa jalan juga, namun akan sedikit menggangu operasional kantor terkait pengeluaran-pengeluaran yang akan terjadi.

"Kepercayaan besar akan menghasilkan tanggung jawab yang besar pula"

3. Siapa sih yang mengangkat Bendahara Pengeluaran Instansi?

 Proses pengangkatan Bendahara Pengeluaran secara sederhana dapat dilihat pada gambar di bawah ini:


Oke, sudah mulai memahami tentang Bendahara Pengeluaran kan? mau tau lebih banyak lagi? tunggu postingan berikutnya:


0 komentar:

Post a Comment